Sambutan Dekan

Sambutan Dekan

Assalamu’alaikum Wr. Wb., shalom, salam sejahtera untuk kita semua, om suastiastu, namo budaya, salam kebajikan dan salam sehat untuk kita semua.

Selamat datang di laman Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti

Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti (FTI-Usakti) berdiri pada tahun 1980 sebagai jawaban Universitas Trisakti untuk kebutuhan tenaga ahli yang andal dan perkembangan teknologi industri yang meningkat pesat di Indonesia.

Pada awal berdirinya, FTI-Usakti mempunyai 2 jurusan yang telah berdiri bersama-sama dengan Universitas Trisakti di tahun 1965, yaitu Jurusan Teknik Mesin dan Jurusan Teknik Elektro. Kedua jurusan ini awalnya berada dalam naungan Fakultas Teknik bersama-sama dengan beberapa jurusan keteknikan lainnya seperti Teknik Sipil dan Teknik Arsitektur. Saat ini, FTI-Usakti memiliki 4 Jurusan dengan 8 program studi. Adapun jurusan yang ada dalam lingkup FTI-Usakti adalah Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Industri dan Jurusan Informatika. Sedangkan 8 program studi tersebut terdiri atas: Program Studi Teknik Sarjana Mesin, Program Studi Sarjana Teknik Elektro, Program Studi Sarjana Teknik Industri, Program Studi Sarjana Teknik Informatika dan Program Studi Sarjana Sistem Informasi, serta tiga program studi Magister Teknik, yaitu Program Studi Magister Teknik Elektro, Program Studi Magister Teknik Industri dan Program Studi Magister Teknik Mesin.

Sejak TA. 2014/2015, Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Elektro selain mempunyai program reguler juga membuka program ekstensi. Sedangkan Teknik Informatika membuka program tersebut pada TA. 2018/2019. Program ini dirancang untuk memberikan kemudahan kepada lulusan Ahli Madya dari program studi Diploma Tiga bidang teknologi industri, agar dapat meneruskan belajarnya dengan alih jenjang ke program Sarjana.

Semua program studi yang ada di FTI-Usakti menggunakan kurikulum Outcome BaseEeducation (OBE)yang berdasarkan kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dengan metode pengajaran pembelajaran mahasiswa aktif atau Student Centered Learning (SCL).  

Proses pembelajaran diselenggarakan mengikuti standar mutu Standar Nasional Pendidikan Tinggi No. 44 tahun 2015 dengan penjaminan mutu yang dilakukan secara internal oleh Badan Penjaminan Mutu Fakultas dan Badan Jaminan Mutu Universitas serta secara eksternal oleh Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan IABEE. Adapun status akreditasi yang dimiliki oleh program studi dalam lingkup FTI-Usakti adalah sebagai berikut:

  1. Program Studi Teknik Mesin, terakreditasi:
    • Akreditasi BAN PT No. 1572/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2018 dengan status B
    • Akreditasi IABEE No. 00036.P dengan jenis akreditasi Provisoinal
  2. Program Studi Teknik Elektro, terakreditasi:
    • Akreditasi BAN PT No. 5250/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/IX/2020 dengan status A
    • Akreditasi IABEE No. 00024.P dengan jenis akreditasi Provisional
  3. Program Studi Teknik Industri, terakreditasi:
    • Akreditasi BAN PT No. 9147/SK/BAN-PT/Akred-Itnl/S/VI/2021 dengan status Unggul
    • Akreditasi IABEE No. 00074.A dengan jenis akreditasi General
  4. Program Studi Teknik Informatika, terakreditasi BAN PT No. 5543/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/IX/2020 dengan status B
  5. Program Studi Sistem Informasi, terakreditasi BAN PT No. 1765/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/III/2020
  6. Program Studi Magister Teknik Mesin, terakreditasi BAN PT No. 4761/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2017 dengan status B
  7. Program Studi Magister Teknik Elektro, terakreditasi BAN PT No. 1872/SK/BAN-PT/Akred/M/VI/2017
  8. Program Studi Magister Teknik Industri, terakreditasi BAN PT No. 4101/SK/BAN-PT/Akred/M/X/2017

FTI-Usakti memiliki 2 buah Gedung, yaitu: Gedung E dan Gedung Hery Hartanto atau juga disebut Gedung F dan G, yang dilengkapi dengan fasilitas unggulan, antara lain:

1. Trisakti Smart Classroom (TSC)

TSC adalah ruang belajar yang dilengkapi dengan teknologi pembelajaran mutakhir berbasis Artificial Intelligence (Smart Learning) dengan perangkat keras (Smart Display, VR, 3D printer, Smart Camera, dan Ultrawide Band Technology serta Digital Elite Study Cube) dan perangkat lunak antara lain Team based Learning, Learning Management System, online meeting.

2. Trisakti Engineering Center (TEC)

TEC adalah sarana untuk memfasilitas kajian, riset dan pengembangan kerekayasaan berbasis komputer, terhadap problema nyata dan aktual yang ada di masyarakat, khususnya di bidang industri dan bisnis. TEC dilengkapi dengan 2 aplikasi software spesial untuk Computer Aided for Engineering (CAE) yaitu Altair dan Ansys.

3. E-learning Studio

Dalam upaya turut serta dalam memperlengkapi dan meningkatkan literasi digital proses pembelajaran, FTI menyediakan sarana untuk mengembangkan metode dan substansi pembelajaran berbasis revolusi 4.0. E-learning Studio menawarkan studio rekaman multimedia mutakhir untuk membuat presentasi video menarik dan konten yang inovatif pembelajaran daring.

4. Laboratorium Akses Jaringan,

Adalah sebuah laboratorium yang berkaitan dengan access network, integrity technology dan internetworking yang dihibahkan PT Telkom kepada Universitas Trisakti dan dikelola oleh Fakultas Teknologi Industri

Laboratorium yang dimiliki oleh FTI-Usakti dilengkapi oleh antara lain:

1.  Computer Hydraulic Tensile Machine (CHTM)

CHTM ini adalah salah satu mesin uji tarik logam yang dimiliki oleh FTI-Usakti dengan gaya pengujian mencapai 50-ton sehingga dapat dipakai tidak saja untuk praktikum dan penelitian tetapi juga pengujian untuk keperluan industri.

2. CNC Machining Center

FTI-USAKTI telah melengkapi peralatan Laboratorium Proses Produksinya dengan machining center SAMSUNG MCV 5500 yang memungkinkan mahasiswa memperoleh pengetahuan dan pengalaman nyata di bidang manufaktur khususnya pemesinan (machining).

3. Radio Frequency Anechoic Chambers

Radio-frequency anechoic chamber adalah tempat yang mampu meredam refleksi gelombang elektromagnetik khususnya radio frequency. FTI USAKTI telah memiliki RF Anechoic chamber yang dapat digunakan untuk pengujian perangkat-perangkat telekomunikasi, gadget dan komponen elektronika. Dalam lingkup perguruan tinggi di wilayah Jabodetabek, fasilitas ini hanya dimiliki oleh Universitas Trisakti dan Universitas Indonesia.

4. Program dengan lisensi seumur hidup

Selain dengan perangkat keras, FTI-Usakti juga melengkapi sarana-prasarana yang dimilikinya dengan program yang memiliki lisensi, antara lain: Software AutoCAD 2010, Minitab 16, Software CATIA V5 R15, Software Altair/FEKO dan Software Ansys R21.

5. Dobot Infinit 4.0

FTI-Usakti telah melengkapi peralatan Laboratorium Sistem Produksi dengan FMS dan robotika sebagai sebagian dari alat praktikum.

Dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0, yang dicirikan dengan semakin besarnya peran big data, internet of things, artificial intelligence dan robotics, dibutuhkan sebuah keterampilan berpikir berbasis komputer agar keempat hal tersebut dapat terintegrasi untuk memecahkan permasalahan. Computational thinking (CT) merupakan kemampuan dan keterampilan memecahkan masalah seperti yang selama ini dipelajari dalam berbagai bidang ilmu dengan tambahan kemampuan implementasi pemecahan masalah tersebut dalam bentuk program komputer. FTI-Usakti telah mempersiapkan bekal bagi mahasiswanya melalui mata kuliah MLF (Muatan Lokal Fakultas) bernama Computational Thinking yang merupakan dasar dari pemikiran Revolusi Industri 4.0 menjadi mata kuliah wajib bagi seluruh mahasiswa FTI.

FTI-Usakti juga mempersiapkan mahasiswa dan lulusannya untuk menjadi technopreneurs dengan memberikan mata kuliah MLF bernama Kewirausahaan Berbasis Komputasi dengan bekerjasama dengan Wadwani Foundation. Wadhwani Foundation adalah organisasi nirlaba dengan misi utama mempercepat pembangunan ekonomi di negara berkembang dengan mendorong penciptaan lapangan kerja di India dan negara berkembang lainnya melalui inisiatif skala besar dalam kewirausahaan, pertumbuhan usaha kecil, inovasi, dan keterampilan.  

Kerjasama yang dimiliki oleh FTI-Usakti adalah Kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan, pemerintah, bisnis dan industri, baik nasional maupun internasional. Mitra kerjasama FTI-Usakti berikut dengan kegiatan yang telah dilakukannya antara lain,

1.  Institute for Information Industry (III) Taiwan

kegiatan kerjasama meliputi transfer teknologi Industry 4.0 melalui workshop teknologi terbaru, baik secara luring maupun daring, hibah peralatan untuk laboratorium, perpustakaan dan TSC.

2. Badan Standardisasi Nasional

Kegiatan kerjasama meliputi penyediaan fasilitas SNI Corner, Kuliah Umum tentang Standardisasi, Webinar dan Pendampingan Standardisasi Laboratorium.

3. PT Indonesia Power – industri nasional pembangkit tenaga listrik

Kegiatan kerjasama yang dilakukan meliputi konsultansi dan pendampingan pengembangan aplikasi system cerdas.

4. PT Telekomunikasi Indonesia

Kegiatan kerjasama meliputi penyediaan fasilitas laboratorium dan tempat uji kompenensi bidang telekomunikasi dan jaringan komputer.

5. PT Kereta Api Indonesia

Kegiatan kerjasama meliputi kajian penyediaan sumber energi baru dan terbarukan di kawasan Kota Tua Jakarta

FTI-Usakti juga memiliki Pusat Studi Teknologi Industri Berkelanjutan (PSIB) yang memiliki beberapa bidang kajian, yaitu Kajian Teknologi dan Transportasi, Kajian Industri dan Energi Ramah Lingkungan, Kajian Difusi dan Inovasi Teknologi dan Kajian Pemanfaatan Teknologi Digital. Melalui Pusat Studi Industri Berkelanjutan dan Dewan Riset & Pengabdian kepada Masyarakat (DRPMF) inilah FTI-Usakti mendorong terjadinya kerjasama-kerjasama penelitian, perolehan hibah dan partisipasi seluruh sivitas akademika dalam penelitian dan pengabdian masyarakat.

Berkaitan dengan kegiatan afiliasi, FTI-Usakti memiliki lembaga afiliasinya, yaitu Lembaga Afiliasi Teknologi (LAT). PT. LAT Trisakti ini adalah Lembaga berstatus pembayar pajak, yang memberdayakan kompetensi dan fasilitas sumber daya FTI Usakti, melalui kegiatan professional komersial sekaligus menjadi inkubator bisnis bagi pengembangan produk dan usaha atau start up, baik untuk penggunaan komersial maupun dalam rangka pengabdian kepada masyarakat.

Demikian sekilas yang dapat kami sampaikan tentang FTI-Usakti. Kami mengundang Bapak dan Ibu untuk dapat datang langsung menemui kami untuk melihat kondisi nyata dari FTI-Usakti sebelum pada akhirnya Ibu dan Bapak memberikan kepercayaannya kepada kami. Kembali, atas nama seluruh sivitas akademika FTI-Usakti, kami ucapkan terima kasih untuk kepercayaan yang telah diberikan oleh Bapak dan Ibu selama ini. Semoga pelayanan yang kami berikan akan semakin baik dan bermutu. Mari bersama-sama kita bantu putra dan putri kita menyosong era masa depan yang gemilang dan semoga Allah SWT meridhoi niat kita tersebut.

Terima kasih,

Wassalamualaikum wr. wb.

Dekan,

Dr. Ir. Rianti Sulamet-Ariobimo, ST, M.Eng, IPM.