Laboratorium Fisika Dasar

Laboratorium Fisika Dasar

  1. Pendahuluan:

Laboratorium Fisika merupakan Laboratorium Dasar yang berada langsung dibawah Fakultas Teknologi Industri. Laboratorium Fisika melayani seluruh praktikum dan perkuliahan Fisika dalam lingkup FTI maupun luar FTI dalam lingkup Universitas Trisakti. 
Untuk lingkup FTI Laboratorium Fisika melayani program Studi Teknik Mesin, Teknik Elektro dan Teknik Industri, sedangkan Program Studi luar FTI Laboratorium Fisika melayani Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi, meliputi Program Studi Teknik Perminyakan, Teknik Geologi dan Teknik Pertambangan serta Fakultas Lanskap dan Teknik Lingkungan untuk Program Studi Teknik Lingkungan.
Fisika sebagai Ilmu Dasar bidang keteknikan merupakan mata kuliah yang sangat penting bagi mahasiswa Fakultas Teknik, karena Fisika menjadi landasan dalam memahami Ilmu–ilmu Teknik selanjutnya. Pemahamian ilmu Fisika tidak cukup hanya secara literatur atau kuliah saja, melainkan perlu disertai dengan percobaan atau eksperimen dan peragaan nyata atas gejala-gejala Fisika, sehingga mahasiswa dapat mempelajari dan mengamati serta mencoba secara langsung Fenomena-fenomena Fisis yang terjadi. Oleh karena itu praktikum Fisika Dasar menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kuliah-kuliah Fisika Dasar.
Dalam kegiatan praktikum Fisika untuk mahasiswa FTI, modul-modul praktikum yang diberikan telah disesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan Industri, untuk itu Laboratorium Fisika disamping sebagai pelayanan praktikum juga sebagai sarana kerja praktek, sarana bagian dari tugas akhir mahasiswa serta sarana untuk penelitian dan pengabdian pada masyarakat dosen-dosen Fisika dan mahasiswa.

2. Struktur dan Personalia
Dalam pelaksanaan kegiatannya, laboratorium Fisika dikelola oleh Kepala Laboratorium, dibantu oleh Kepala Praktikum yang dikoordinir oleh Koordinator Praktikum. Adapun personalia di laboratorium Fisika adalah sebagai berikut:
Kepala Laboratorium                                                        : Drs. Bambang Cholis Su’udi, MSc.
Koordinator Praktikum                                                     : Ir. Harumi Yuniarti, MSc.
Kepala Praktikum Fisika Mekanika, Termofisika             : Ir. Harumi Yuniarti, MSc.
Kepala Praktikum Fisika Listrik dan Magnet                   : Drs. Muhammad Najih, MSc.
Kepala Praktikum Fisika Optika dan Bunyi                     : Larasati Rizki Putri, SPd., MPd.
Laboran /Teknisi                                                   : Benny Wahyuni, SSi.
Administrasi                                                                      : Hedi Sulistyo

  1. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah mengikuti Praktikum Fisika, mahasiswa peserta praktikum (praktikan) dapat :

  1. Memahami konsep-konsep dasar ilmu Fisika dalam kegiatan praktikum di Labo-ratorium, meliputi bidang Mekanika, Thermofisika, Listrik dan Magnet, Gelombang Bunyi dan Optika.
  2. Mengenal dan menggunakan serta mengetahui cara membaca skala beberapa alat ukur secara benar dan teliti.
  3. Menganalisis hasil-hasil pengukuran dan mengolah data dengan menerapkan teori ketidakpastian dan perambatan ketidakpastian.
  4. Mengenal dan memahami metoda-metoda eksperimen khususnya bidang Fisika.
  5. Memahami kejadian-kejadian (fenomena) Fisika melalui metoda eksperimen yang dilakukan.
  6. Menyusun laporan praktikum serta menyimpulkan hasil praktikum yang telah dilakukan.
  7. Layanan Praktikum
  8. Prosedur pelaksanaan praktikum Fisika :
  1. Mendaftarkan diri sebagai peserta praktikum pada awal semester.
  2. Mengikuti praktikum menurut jadwal yang telah ditentukan, dalam waktu periode pelaksanaan kegiatan praktikum dalam tiap Semester.
  3. Nilai praktikum akan diberikan kepada peserta yang telah lengkap menyelesaikan seluruh kegiatan praktikum, yaitu meliputi Responsi Praktikum, Ujian Tengah Semester, Praktikum serta Ujian Akhir Praktikum.
  4. Mata kuliah Praktikum Fisika harus terdaftar (tercantum) dalam KRS mahasiswa yang bersangkutan, kecuali untuk praktikum yang tergabung dengan kuliah Fisika.
  5. Jenis-jenis praktikum Fisika Dasar, dibagi kedalam beberapa bagian yaitu meliputi bidang-bidang : Fisika Mekanika, Fisika Optika, Fisika Panas (Termofisika), Fisika Listrik, Fisika Gelombang dan Bunyi serta Fisika Magnet. Masing-masing bidang terdiri dari beberapa Nomor Percobaan dengan total percobaan sebanyak 20 nomor percobaan. Untuk setiap Jurusan atau Fakultas, praktikan akan mendapatkan nomor-nomor percobaan tertentu disesuaikan dengan kurikulum di Jurusan atau Fakultas yang bersangkutan.

  1. Pelaksanaan Praktikum

Secara umum pelaksanaan praktikum yang dilakukan oleh mahasiswa, akan dilakukan dengan urutan sebagai berikut:

  1. Responsi Teori dan cara-cara pemakaian alat-alat Laboratorium
  2. Responsi Teori Ketidakpastian dan Pengolahan data-data Praktikum
  3. Ujian Tengah Semester (UTS), dengan bahan semua materi dalam Responsi.
  4. Praktikum dan Praktikum Demo (Praktikum diawali dengan tutorial di dalam kelas)
  5. Ujian Akhir Praktikum (UAS), dengan bahan semua nomor percobaan praktikum

Beberapa Kode, Judul dan Tujuan Percobaan yang ada di Laboratorium Fisika antara lain sebagai berikut:

No.KodeJudul Praktikum dan Tujuan Percobaan
1.M-5TKekentalan Zat Cair, dengan Tujuan Percobaan:Menentukan koefisien kekentalan minyak pelumas dengan  menggunakan Viscosimeter Ostwald
2.M-7Tetapan Gaya Pegas, dengan Tujuan Percobaan:Menentukan tetapan gaya pegas menggunakan Hukum HookeMenentukan tetapan gaya pegas dengan cara oscilasi pegas
3.B-1BResonansi Suara dengan Oscilloscope, dengan Tujuan Percobaan:Menentukan massa per satuan panjang dawaiMenentukan cepat rambat suara pada dawai
4.P-7BTara Kalor Mekanik, dengan Tujuan Percobaan:Mengamati proses perubahan energi mekanik menjadi kalorMenentukan nilai tara kalor mekanik
5.L-2Karakteristik Lampu Pijar, dengan Tujuan Percobaan:Menentukan hubungan antara arus dan tegangan pada lampuMenentukan hubungan antara daya dan tegangan pada lampu
6.OP-1Jarak Fokus Lensa, dengan Tujuan Percobaan:Menentukan jarak fokus lensa positif dengan 4 macam metodaMenentukan jarak fokus kensa negatif
7.MG-1Medan Kawat Kawat Loop Berarus, dengan Tujuan Percobaan:Membuktikan Hukum Biot SavartMenentukan medan magnet kawat loop sebagai fungsi jumlah lilitan dan sebagai fungsi jari-jari kawat loop
8.MG-3Medan Magnet Kawat Lurus Berarus, dengan Tujuan Pecobaan:Menentukan medan magnet kawat lurus berarus sebagai fungsi Jarak untuk dua kawat lurus parallel.Menentukan medan magnet kawat lurus berarus sebagai fungsiJarak untuk dua kawat lurus anti parallel.
9.M-11BMomen Inersia dan dan Vibrasi Torsional, dengan Tujuan PercobaanMenentukan konstanta pemulihan sudut pada pegas keongMenentukan momen Inersia berbagai bentuk benda
10.M-15Hukum Kekekalan Energi Mekanik, dengan Tujuan Percobaan:Menentukan energi kinetik translasi dan rotasiMembuktikan Hukum kekekalan energi mekanik
  1. Bobot Penilaian :
  1. Ujian Tengah Semester             : 20%
  2. Nilai rata-rata Praktikum         : 60%
  3. Ujian Akhir Semester               : 20%

  1. Buku-buku Acuan Praktikum Fisika
  1. Buku petunjuk Praktikum Fisika, Laboratorium Fisika FTI, Universitas Trisakti, Tim Laboratorium Fisika, Universitas Trisakti, 2019.
  2. Tipler, P., A., and Mosca, G., Physics for Scientists and Engineers, 6th Edition,Freeman, W., H., & Company, 2007, ISBN-13: 978-1429281843.
  3. Halliday, D., Resnick, R., and Walker, J., Fundamentals of Physics,9rd Edition Extended,   Wiley, John & Sons, Incorporated,2010, ISBN-13: 978-0470469088.
  4. Young, H., D., Freedman, R., A., and Lewes, A., F., University Physics,13th Edition, Addison Wesley, 2011, ISBN-13: 9780321675460.
  5. Cutnell, J., D., Kenneth, W., J., and Cutnell, Physics, 9th Edition, Wiley, John & Sons, Incorporated, 2009, ISBN-13:978-0470223550.
  6. Sears, F., W., and Zemansky, M., W., University Physics with Modern Physics13th Edition,  Addison Wesley, Publishing Company, 2011, ISBN-13: 978-0321733382.