Sistem Pendidikan

Sistem Pendidikan

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-Undang Republik Indonesia No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, dinyatakan bahwa Pembelajaran adalah interaksi antara pendidik, peserta didik, dan sumber belajar, di dalam Iingkungan belajar tertentu”.

Proses pembelajaran melalui kegiatan kurikuler wajib diIakukan secara sistematis dan terstruktur melalui berbagai mata kuliah dengan beban belajar yang terukur dan menggunakan metode pembelajaran yang efektif sesuai dengan karaktersistik mata kuliah.
Metoda pembelajaran yang dapat dipilih untuk pelaksanaan pembelajaran mata kuliah, meliputi: diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, pembelaJaran kolaboratif, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, atau metode pembelajaran lain, yang dapat secara efektif memfasilitasi pemenuhancapaian pembelajaran lulusan. Dalam menentukan metode pembelajaran, agar memperhatikan :

  1. Capaian pembelajaran mata kuliah termaksud
  2. Tingkat kedalaman mata kuliah
  3. Sumber daya yang dimiliki
  4. Rasio dosen:mahasiswa per kelas
  5. Jumlah mahasiswa dalam satu kelas
  6. Ketersediaan sarana dan prasarana

Metode yang digunakan berbasis pada Student Learning Center (SCL) untuk mengembangkan kemandirian belajar dalam hidupnya, mengembangkan daya kreativitas dan semangat belajar, meningkatkan kekritisan dan kemampuan berkomunikasi.
Dengan mengacu Kurikulum dosen dapat memilih metode yang paling sesuai dengan karakteristìk dan capaian pembelajaran mata kuliahnya. Menurut Pedoman Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum (revisi) Universitas Trisakti edi si 2015, beberapa contoh metode pembelajaran yang dapat digunakan sebagai berikut:

  1. Small Group Discussion (SGD) Diskusi Kelompok Kecil
  2. Simulasi/Demonstrasi
  3. Studi kasus Kasus
  4. Discovery Learning (DL)
  5. Self-Directed Learning (SDL)
  6. Cooperative Learning (CL)
  7. Collaborative Learning (CbL)
  8. Contextual Instruction (CI)
  9. Project-Based Learning (PBL)
  10. Problem-Based Learning/Inquiry (PBL/I)