Kepuasan Pemangku Kepentingan

Kepuasan Pemangku Kepentingan

LAPORAN  PELAKSANAAN SURVEY KEPUASAN PARA PEMANGKU KEPENTINGAN TERHADAP LAYANAN MANAJEMEN.

 

  • Waktu dan Tempat

Survey kepuasan para pemangku kepentingan terhadap layanan manajemen Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti dilaksanakan pada bulan Oktober –November 2022. Tim survey bekerja selama empat bulan yang terdiri atas staf dosen dan tendik dari Bidang 4 (Humas, Perencanaan & Pengembangan serta Kerjasama dan Afiliasi) Fakultas Teknologi Industri.

 

  • Responden dan Metode Pengambilan Sampel

Pihak yang berpartisipasi dalam kegiatan survey   kepuasan  para  pemangku  kepentingan  dikelopmpokkan menjadi 2 bagian, yaitu pemangku kepentingan internal yang terdiri atas  mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, lulusan, pengguna dan mitra dengan berturut-turut jumlah sampelyang diperoleh yaitu 205 mahasiswa, 57 dosen, 47 tenaga kependidikan, 106 lulusan, 71 penggunalulusandan 15 mitra. Pada survey ini pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode sampling dimana sampel yang diambil dari populasi harus representative dengan karakteristik populasi.

 

  • Metode dan Instrumen Pengambilan DataKuesionerkepuasan mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan dan mitra dilakukan secara onlinemelalui link google form berikut:

❖https://bit.ly/Survey_Kepuasan_Mahasiswa_FTI_USAKTI(Survey Kepuasan Mahasiswa)

❖https://bit.ly/Survey_Dosen_FTI(Survey Kepuasan Dosen)

❖https://bit.ly/Survey_Tendik_FTI(Survey Kepuasan Tenaga Kependidikan)

❖https://bit.ly/Survey_Kepuasan_Mitra_FTI_USAKTI(Survey Kepuasan Mitra)

Instrumen pengambilan data atau kuesioner penilaian berisi deskripsi pengukuran kepuasan  para  pemangku  kepentingan  terhadap  layanan  manajemen  yang  mencakup kepemimpinan operasional, good governance, kebijakan pengembangan tata Kelola dan tata pamong, legalitas organisasi dan tata kerja yang ditetapkan oleh perguruan tinggi, sistem penjaminan  mutu  dan  Kerjasama.  Kepemimpinan  operasional  ditunjukkan  melalui kemampuan  menggerakkan  sumber  daya  internalsecara  optimal  dalam  melaksanakan tridharma menuju tercapainya VMTS.

 

  • Metode Pengukuran

Tanggapan responden atas setiap item pertanyaan diukur menggunakan Skala Likert dengan kriteria sebagai berikut:Tanggapan Skala Likert (Sangat Baik 4 Baik 3 Cukup 2 Kurang Baik 1)

Adapun faktor yang dinilai untuk mengukur kepuasan para  pemangku  kepentingan  terhadap layanan manajemen Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti adalah sebagai berikut:

  1. Pemahaman pemangku kepentingan internal tentang Visi dan Misi FTI
  2. Keandalan (Reliability) adalah kemampuan dosen, tenaga kependidikan dan pengelola dalam memberikan
  • Daya tanggap  (Responsiveness):  kemauan  dari  dosen,  tenaga  kependidikan,  dan pengelola  dalam  membantu  mahasiswa  dan  memberikan  jasa  dengan
  1. Aspek Keterukuran (Tangible) merupakan penilaian terhadap kecukupan, aksesibilitas, kualitas sarana & prasarana.
  2. Aspek Kepastian (assurance): kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi keyakinan kepada mahasiswa bahwa pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan
  3. Aspek Empati merupakan kesediaan/kepedulian dosen, tenaga kependidikan dan pengelola untuk  memberi  perhatian  kepada mahasiswa, berupa kesempatan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, adanya skema  pemberian reward  and  punishment,  pengakuan,  mentoring  yang diimplementasikan untuk memotivasi dan mendukung pelaksanaan tridharma, serta peraturan kepegawaian terkait pemberhentian dan pensiun terencana dan dilaksanakan dengan baik dan pelibatan dosen dan tenaga kependidikan dalam pengambilan keputusan penting.

 

  • Hasil Survey

Rekapitulasi  hasil  survey  kepuasanpara  pemangku  kepentingan  terhadap layanan manajemen Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti adalahj sebagai berikut :

  1. 35% dari pemangku kepentingan internal memiliki pemahaman Visi Misi yang sangat baik, 61% baik dan hanya 4% yang kurang baik. Mereka juga telah menerapkan Visi Misi untuk menjalankan tugas dan kegiatannya, dengan sangat baik (23%), dengan baik (68%), dan cukup baik hanya 9%
  2. Terkait pengukuran kepuasan Mahasiswa terhadap layanan manajemen FTI USakti, diperoleh data sebagai berikut:
  • Terkait aspek Keandalan, mahasiswa menilai sudah sangat baik (56,01%), baik (37,99%), cukup baik (5,59%) dan 0,41% menilai kurang baik.
  • Terkait aspek Daya Tanggap, mahasiswa menilai sudah sangat baik (45,25%), baik (39,57%), cukup baik (12,4%) dan 2,78% menilai kurang baik
  • Terkait aspek Kepastian, mahasiswa menilai sudah sangat baik (56,55%), baik (37,25%), cukup baik (5,57%) dan 0,63% menilai kurang baik
  • Terkait aspek Empati, mahasiswa menilai sudah sangat baik (45,25%), baik (38,82%), cukup baik (13,47%) dan 2,46% menilai kurang baik
  • Terkait aspek Keterukuran, mahasiswa menilai sudah sangat baik (56,6%), baik (34,94%), cukup baik (6,53%) dan 1,93% menilai kurang baik

 

  • Rencana Perbaikan
  1. Peningkatan sosialisasi dan pengawalan terhadap pencapaian Visi dan Misi FTI Usakti, agar minimal 50% pemangku kepentingan internal. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan keberhasilan pencapaian Visi Misi
  2. Meningkatkan upaya-upaya yang signifikan agar tahun berikutnya peninlaian keandalan sangat baik minimal 70 %
  3. Memperbaiki layanan manajemen dan kinerja pembelajaran oleh dosen, agar daya tanggap terhadap kebutuhan mahasiswa mendapatkan penilaian sangat baik minimal 75%
  4. Peningkatan soft skill dosen dan tendik, khususnya dalam berkomunikai dengan pemangku kepentingan lainnya, agar apresiasi terhadap aspek empati bernilai sangat baik minimal 70%
  5. Peningkatan mutu dan ketersediaan fasilitas dan sumber daya yang dibutuhkan pemangku kepentingan,, agar apresiasi aspek ketrukuran (tangible) sangat baik minimal 75%

Jakarta, 12 Oktober 2022

 

Bidang 4 FTI Usakti

Humas, Rencana Pengembangan

 

Floatin Button
Floatin Button