Berita

Berita Thumbnail
Selasa, 09 Oktober 2012
Oleh: Admin

Pangkas Persyaratan, Berikan Pelayanan Terbaik.

Kaltim Post. SAMARINDA -Kemajuan dan prestasi te¬rus ditingkatkan dengan berupaya memberi¬kan kemudahan layanan, memperyendek jalur persyaratan dan prosedur pengurusan dengan memangkas berbagai persyaratan yang dianggap tidak perlu bagi masyarakat.

'Keluhan masyarakat tak boleh ada, ketepa-tanwaktu *in pelayananprima lebih diutama-kan," kata Gubernur Kaltim dalam sambutan tertulis disampaikan Asisten IV Bidang Administrasi Umum Sekprov Kaltim H Sofyan Helmi pada Seminar Character Building yang digelar Badan Perpustakaan Kaltim, Senin (1/10).

Selain itu, sistem informasi manajemen pelayanan, terutama sistem penyediaan informasi publik terus diperbaiki dengdn didukung pemanfaatan teknologiinformasi, sehingga masyarakat mendapat kepastian dan segera memenuhi kewajibannya. Diakui, kendala pelayanan publik di daerah masih ada. Baik menyangkut dana, prasarana, sarana dan fasiiitas bahkan sumber daya manusia (SD1II) atau pribadi (individu) yang tidak kompeten dan profesitinal.

Karena itu, upaya peningkatan kompetensi dan kualitas SDM terus dilakukan, di antaranya melalui pembangunankarakter. Sebab karakter cerminan bagi kepribadian seseorang, termasuk baik buruknya pelayanan publik akan sangat berpengaruh pada karakter seseorang.

Apa lagi, pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten dan kota terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan sesuai standar pelayanan publik bahkan berbagai inovasi dilakukan guna memberikan kemudahan bagi masyarakat. "Pada dasarnya masyarakat di era reformasi ini menghendaki adanya berbagai kemudahan pelayanan, tanpa mengurangi persyaratan yang harus dipenuhi, dan kewajiban yang harus dilakukan," jelasnya.

Sementara Kepala Badan Perpustakaan Kaltim Hj.Sd Sulasmi Retno Wijayanti mengemukakan Iangkah inovatif layanan telah dilakukan Badan Perpustakaan Kaltim, terutama dalam upaya meningkatkan gairah atau minat baca masyarakat. Juga peningkatan SDM dengan memberikan layanan online dengan menggunakan perangkat lunak sistem informasi. "Misanya, pelayanan melalui sistem MY-SPISIS atau Sistem Informasi Perpustakaan berbasis ISIS dengan sistem database MYSQL. Pelayanan ini meliputi tujuh layanan, yaitu pendaftaran anggota dan penelusuran koleksi bahan." kata Sri Sulasmi. 

Termasuk pengecekan ketersediaan koleksi bahan dan pemesanan bahan serta pengecekan data peminjaman bukq perpanjangan nursa pem¬injaman buku, dan pengaturan password anggota perpustakaan secara mandiri. (yandadv)

Floatin Button
Floatin Button